Kamis, 09 Desember 2010

Ikan Arwana Berharga Miliaran

Bagi anda pengemar ikan hias mungkin sudah tidak asing lagi dengan ikan "Arwana". Pada tanggal 3-12 Desember 2010 di WTC Mangga Dua telah digelar sebuah event Indonesia Pets, Plants and Aquatic Expo (IPPAE).

Salah satu yang jadi komoditi utama dalam ajang ini adalah arwana. "Ada arwana yang kita jual seharga Rp 1 miliar, berasal dari pemilik yang tinggal di Pontianak," kata Stephanus Suryaatmadja, Ketua I Panitia IPPAE.

Apa keunikan arwana itu? Stephen mengungkapkan, "Arwana itu sebenarnya termasuk albino. Tapi tak seperti albino lainnya, arwana ini memiliki guratan merah di tubuhnya dan matanya juga berwarna merah."

Jenis arwana macam itu, menurut Stephen, jarang sekali ditemukan. "Kita belum tentu menemukan jenis seperti itu 1 di antara 10 ribu arwana," ungkap Stephen yang juga aktif dalam komunitas pecinta arwana.

Mengingat kelangkaannya, saat ini arwana seharga Rp 1 miliar ini belum bisa ditampilkan. Saat ini ikan ini tengah diusahakan agar bisa dipertontonkan. Jika tak berhasil, minimal pengunjung bisa menyaksikan videonya nanti.

Selain arwana seharga Rp 1 miliar ini, acara menarik lainnya yang akan digelar di ajang IPPAE adalah kontes arwana. "Ada 4 kategori yang dilombakan. Besar, kecil, sedang dan unik," kata Stephen.

Stephen melanjutkan, "Pemilik arwana itu nanti akan memperebutkan piala dari Dinas Kelautan dan Perikanan." Penjurian lomba akan dilakukan pada tanggal 10 Desember 2010 mendatang. Hari selanjutnya, pengunjung bisa melihat arwana-arwana tersebut.

Selain bisa melihat arwana nan cantik, pengunjung juga bisa memenangkan doorprize. "Pengunjung bisa membeli nomor undian seharga 10 ribu rupiah. Nanti kita akan undi, ada berbagai hadiah yang disiapkan," kata Stephen.

Salah satu hadiah unggulannya adalah seekor arwana super red yang juga super mahal. "Kita sudah menyiapkan satu arwana termahal di antara yang lain yang harganya mencapai 2.000 dollar AS, sangat spesial karena biasanya pemiliknya hanya mengekspor saja," ujar Stephen.

Sementara itu, 7 ekor arwana juga akan diberikan cuma-cuma pada pihak yang beruntung. Sejauh ini, sudah 2 arwana yang dimenangkan sehingga masih tersisa 6 arwana lain untuk diperebutkan, termasuk arwana seharga 2.000 dollar AS tersebut.
sumber: kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar