Selasa, 14 Desember 2010

6 Desain Lampu Unik

Hidup dalam kegelapan bagi sebagian besar manusia adalah sesuatu yang tidak menyenangkan. Apalagi kalau dirumah kita kondisinya seperti itu, gelap tanpa penerangan lampu. Setiap hunian di seluruh jagad ini pasti memiliki yang namanya lampu. Entah seperti apa bentuk lampu yang dimiliki, tidak dapat disangkal bahwa lampu sudah menjadi kebutuhan primer setiap manusia. Berikut ada beberapa lampu unik yang mungkin dapat menjadi inspirasi bagi dekorasi hunian Anda.
1. Bolham Raksasa
Hari-hari ini keberadaan lampu bohlam makin tergusur dengan adanya aneka jenis lampu hemat energi lainnya. Desainer Sarah Olaerts menyatakan penghargaannya atas lampu jenis bohlam ini dengan membuat bohlam raksasa. Lampu SO1 raksasa ini terbuat dari bahan polyethylene dan memiliki ukuran panjang hingga 4,5 kaki (1,35 meter lebih). Untuk menyalakan sinarnya yang remang-remang, digunakan remote kontrol. 


2. Lampu O
Nama lampu ini cukup singkat dan unik. Namun, lampu ini dapat menimbulkan motif sinar yang begitu indah. Lampu bikinan Enache Florin ini memiliki bentuk mirip bola atau 'O', dengan motif-motif acak pada dinding bolanya. Ketika lampu dinyalakan, maka yang timbul adalah pancaran sinar berdasarkan pola acak tersebut. Sungguh indah!



3. Lampu Stiker
Sumber cahaya yang satu ini tidak memerlukan ruang khusus dalam rumah Anda. Anda tinggal menempelkannya di dinding atau di manapun yang Anda suka. Alice Rosignoli mendesain stiker dua dimensi ini dengan memakai lampu kecil dan bahan kertas timah vinil. 





4. Lampu Ubur-Ubur
Seniman kelahiran Melbourne, Timothy Horn mengaku mendapat inspirasi desain lampu ini dari ilustrasi seorang ahli zoologi Jerman abad 19, Ernst Haeckel. Hasil karya Horn yang memiliki nama-nama cantik seperti Stheno, Euryale, dan Medusa ini terbuat dari bahan karet silikon dan serat optik. Ketika dipasang dan dinyalakan, lampu gantung ini akan terlihat bergerak-gerak, menyerupai ubur-ubur yang sedang berenang di perairan.

5. Lampu Kacamata
Lampu unik yang satu ini dibuat dari rangkaian 40 pasang kacamata pilot. Tiap kacamatanya disusun begitu rupa sehingga ketika lampu dinyalakan maka akan menimbulkan efek bayangan berbentuk oval, sesuai dengan bentuk kacanya. Selain menggunakan kacamata pilot, Celebrity Lamp juga menggunakan kacamata hitam dan kacamata jenis lainnya.
 
 
 
 
 
 6. Lampu Sabun
Berikut merupakan benda yang unik, jadi ingat bentuknya seperti yang sering digunakan untuk mandi, namun bisa mengeluarkan cahaya. Namanya Soap Light, sebuah lampu portable yang dibentuk seperti sebuah sabun, yang didesain oleh Jieun Kim dan Jiyeon Ahn.
Selain itu, Soap Light juga dilengkapi dengan perangkat charger agar lampu bisa menyala terus menerus. Sekali diisi powernya, ‘sabun’ Soap Light ini dapat ditempatkan dimana saja.
Dengan menggunakan interface sentuhan, maka pengguna dapat mematikan atau menghidupkan nyala lampu.
Namun, untuk meredupkan ataupun memberi nyala lebih terang, pengguna dapat menggosoknya.

source: kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar