Senin, 28 Februari 2011

Katak Terkecil Di Dunia

Dengan tubuh yang panjangnya hanya 10 milimeter, katak Gunung Iberia (Eleutherodactylus Iberia) dari Kuba saat ini memegang Guinness World Record untuk katak terkecil. Meskipun menyandang katak terkecil tetapi hewan ini memiliki racun yang mematikan.

Investigasi pada katak kerdil itu perlu kerja keras, kata peneliti Miguel Vences, ahli biologi evolusi di Technical University of Braunschweig di Jerman.

"Anda harus merangkak dengan lutut dan memindahkan daun demi daun," kata Vences. "Dan ketika Anda menemukan salah satu dari katak, mereka biasanya melompat pergi dengan segera sehingga Anda harus mulai dari awal lagi."

Ketika Vences menemukan spesimen pertama, dia mencium bau yang pahit dan curiga mungkin terdapat lapisan alkaloid beracun. Morfin dan kafein merupakan alkaloid.

"Pada waktu itu saya menyebutkan ini sebagai spekulasi gila, aku yakin itu akan terbukti salah. Tapi aku terkejut ketika rekan ahli kimia saya mengirim hasil pertama yang menyatakan mereka menemukan alkaloid di kulit, " kata Vences.

Hanya ada empat kelompok katak di dunia yang mengeluarkan racun pertahanan ke kulit mereka, termasuk katak racun panah terkenal di Amerika Latin. Namun masih belum jelas bagaimana katak kerdil itu memanfaatkan racun mematikan yang dimilikinya.

Para peneliti menduga katak itu jadi kerdil karena evolusi ukuran kecil untuk memangsa tungau yang diabaikan sebagai makanan oleh katak yang lebih besar.
source: inilah.com

1 komentar: